Artikel Wusuh


2 Pesanhou Indonesia Ke Final

Dua pesanhou Indonesia berhasil membawa angin segar dengan melaju ke babak final invitasi wushu sanshou yang digelar di BallroomJW Marriot Hotel Medan.

Di tengah bertumbangannya para pewushu Indonesia di tangan lawan-lawannya dari negara lain pada partai semifnal, kemarin malam,  Jhon Hendrik Ginting  pewushu asal Tanah Karo Sumatera Utara berhasil menyelamtkan “muka” Indonesia setelah mengalahkan Tan Jia Guan asal Malaysia di kelas 56 kg putra.

Dengan hasil ini, Jhon Hendrik Ginting dipastikan melaju ke final yang dipetandingkan hari ini. Di partai puncak tersebut, Jhon akan melawan pewushu asal Vietnam Ban Van Trong.

Pada babak semifinal ini, hampir semua pewushu asal Indonesia tumbang. Moria Manalu yang turun dikelas 60 kg putri harus mengakui keunggulan Bai Jing asal China .

Andalan Indonesia di kelas 52 kg, Gunawan harus tunduk kepada Zhang Xueliang asal China . Nasib serupa juga dialami Saiful yang turun dikelas 56 kg putra, harus mengakui keunggulan Ban Van Tong asal Vietnam. Sedangkan, dikelas 56 kg putri, atlet China Yu Shuxin menang mudah dari Douachay Thalengliep asal Laos .

Dikelas 60 kg, atlet asal Indonesia Junaidi juga melaju ke final setelah mengalahkan rekan senegaranya Yusak C. Difinal, Junaidi akan menantang Phouxay Aphailath asal Laos yang mengalahkan Lim Chee Leong asal Malaysia.

Event itu kemarin malam dibuka  secara resmi Menteri Pemuda dan Negera Republik Indonesia ( Menpora RI ) diwakili Deputi Peningkatan Prestasi dan Iptek Olahraga Menpora RI Drs Tunas Dwidharto.
Menpora sangat memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas penggelaran Invitasi Wushu Sanshou Internasional ke-2 tahun 2010.

Kejuaraan internasional ini katanya sangat bermanfaat untuk pengembangan Wushu Sanshou di Indonesia, karena merupakan ajang ujicoba bagi atlet Pelatnas sebelum turun di Asean Games 2010 dan Sea Games 2010. “Diharapkan agar even ini berlangsung baik, dan pemerintah siap bekerjasama untuk mengembangkan olahraga wushu di Indonesia ,” katanya.

Ketua PB WI Master Supandi Kusuma mengatakan, kejuaran internasional ini merupakan salah satu upaya PB WI untuk memberikan pengalaman bertanding sekaligus melihat kemampuan atlet Wushu Indonesia . “Oleh karena itu, kita berharap agar atlet dan pelatih Wushu Indonesia benar-benar mamanfatkan even ini,” tegasnya.

Selain itu, melalui even ini, Indonesia diharapkan mendapat dukungan untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu Tahun 2013. “Kita ingin mengulang kesuksesan seperti saat menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior beberapa waktu lalu,” papar Supandi.

 Invitasi Wusuh Sanshou Internasional ini juga diharapakan akan mempererat hubungan baik antara wusuh Indonesiac dengan asosiasi wushu negara tetangga, sehingga akan mempercepat peningkatan dan pengembangan teknik dan prestasi olah raga wushu di Indonesia.

0 komentar:

Poskan Komentar