Gunung Bromo


Gunung Bromo



Gunung Bromo merupakan salah satu tujuan wisata di Jawa Timur. Tempat wisata alam ini terletak diTaman Nasional Bromo Tengger Semeru di timur kota Malang, Jawa Timur. Pengunjungnya bukan hanya wisatawan lokal, bahkan banyak yang berasal dari luar negeri. Dengan pemandangan yang khas membuat Bromo layak menjadi tujuan wisata.
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki keunikan berupa laut pasir seluas 5.250 hektar, yang berada pada ketinggian ± 2.100 meter dari permukaan laut.
kawah bromo

pemandangan ke kawah bromo

Di sekitar gunung bromo terdapat, gunung kursi, gunung jantur, gunung ider-ider, gunung batok, gunung kepolo, dan pastinya gunung semeru.. the highest point in Java Island. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo. Kita bisa mencapai hingga puncak kawahnya, dan merasakan debu belerang yang kuat. Kawah bromo bisa diputari, maksudnya dikelilingi dengan berjalan kakai. Cuma kayanya ngeri banget, kalo misalnya ada angin, salah-salah kita bisa terjun ke kawah atau malah terjun ke kaki gunung.

Di padang pasir bromo, terdapat pura yang digunakan sebagai tempat ibadat agama Hindu Tengger. Suku Tengger yang berada di sekitar taman nasional merupakan suku asli yang beragama Hindu. Menurut legenda, asal-usul suku tersebut dari Kerajaan Majapahit yang mengasingkan diri. Uniknya, melihat penduduk di sekitar (Suku Tengger) tampak tidak ada rasa ketakutan walaupun menge-tahui Gunung Bromo itu berbaha-ya, termasuk juga wisatawan yang banyak mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru pada saat Upacara Kasodo.Yang istimewa di tempat ini?. kawah gunung bromo dan view gunung bromo dan sekitarnya jika dilihat dari penanjakan juga Sunrise yang diliat dari penanjakan. Bromo ternyata adalah sebuah gunung yang dikelilingin pegunungan dan dibatasi padang pasir yang sangat luas, uniknya pegunungan itu lebih tinggi dari gunung bromo sendiri, misalnya gunung batok dan penanjakan.

Di penanjakan inilah spot terbaik untuk melihat ke arah pegunungan bromo, juga, di penanjakan disediakan semacam tribun untuk melihat matahari terbit dari timur gunung bromo. Pergeseran dari subuh menjadi pagi benar-benar luar biasa, ketika cahaya matahari perlahan menyapu sebagian bumi hingga seluruhnya terang dan mentari tepat diatas horizon, luar biasa!!!

kawah bromo

surrounding bromo dilihat dari penanjakan

Untuk mencapai kawasan ini bisa dicapai dari tiga titik, dari pasuruan, probolinggo dan dari tumpang tadi. Pemandangan terbaik dijumpai ketika memilih jalur dari tumpang. Namun trade-off nya, medan yang dilalui sangat berat sehingga harus menyewa jeep. Jika hanya ingin ke penanjakan saja bisa menempuh jalur lewat probolinggo yang sudah diaspal penuh



0 komentar:

Poskan Komentar