Demo mahasiswa Yogyakarta akan kedatangan Barak Obama


Demo akan kedatangan Obama ke Indonesia

Unjuk rasa para mahasiswa dari berbagai elemen itu  digelar di Bundaran Kamus Universitas Gadja Mada (UGM), Bulaksmur, Yogyakarta, Jumat (19/3/2010). Aksi itu antara lain diikuti perwakilan mahasiswa UGM, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan perguruan tinggi lainnya.

Penundaan jadwal kedatangan Presiden AS, Barrack Obama ke Indonesia tak mengubah sikap sejumlah mahasiswa di Yogyakarta. Mereka tetap berunjuk rasa menolak kedatangan Obama dan meminta Indonesia tak terlalu tunduk dengan AS.

Salah seorang koordinator aksi, Aza Munadiyan, dalam orasinya meminta pemerintah jangan terlalu mengistimewakan penyambutan Obama. Kedatangan Obamanya hendaknya dijadikan momentum terciptanya hubungan bilateral yang sejajar antara Indonesia dan AS.

"Tidak seperti sekarang ini, Indonesia terlalu tunduk pada AS. Seolah-olah AS itu sebagai tuan dan Indonesia adalah pelayannya," katanya.

Kebijakan pemerintah Indonesia sebagian besar hanyalah kebijakan pesanan asing sehingga mengesampingkan kepentingan rakyat Indonesia. Kebijakannya lebih banyak untuk melindungi kepentingan asing di Indonesia seperti di Freeport Papua dan daerah-daerah lainnya.

"Meski ditunda, kami menolak kedatangan presiden AS itu kalau hanya menguntungkan pihak asing saja" .

0 komentar:

Poskan Komentar