S A M P A H


SAMPAH!!!
Semua orang bila mendenganr kata SAMPAH identik dengan jorok, bau, sarang kuman, dan menjijikkan. Padahal setiap harinya kita selalu berhubungan dengan yang namanya sampah. Kurangnya kesadaran akan sampah dikalangan masyarakat kita, terbukti dengan masih banyaknya orang membuang sampah sembarangan.

Sebenarnya sampah bisa dimanfaatkan, cuma yang terjadi banyak orang hanya mengeluh tentang sampah tanpa mau berbuat seseuatu. Seperti yang terjadi saat ini banyak gundukan sampah di setiap sisi jalan. Ini sebagan contoh wilayah yang banyak akan gundukan sampah di setiap sisi jalannya:

Disepanjang jalan H. Juanda, Ciputat, Tanggerang Selatan tepatnya setelah Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah, pasar Ciputat hingga Carefour Ciputat. Banyak sampah yang tertimbun di bahu jalan dan di trotoar pertokoan, sampah yang memakan bahu jalan menyebabkan kemacetan. Sampah yang dihasilakan disekitar pasar kebayaan berasal dari sampah sayuran, sebaian dari masyarakat sekeliling yang ikut membuang sampah rumah tanggganya ke pasar. Sampah yanng menumpuk mengeluarkan bau, banyak lalat, dan belatung.

(tumpukan sampah yang membuat kemacetan)
 (tumpukan sampah di Pasar Ciputat, Tanggerang Selatan)
(tumpukan sampah yang memakan ruas jalan)
(sampah di trotoar jalan)
 
Padahal kalu masyarakat sekitar peduli akan sampa semua itu tidak akan terjadi. Sampah terdiri dari Sampah Organik dan Samapah Anorganik, karna sampah yang dihasilakan di Ciputat kebanyakan Sampah Organik. Sebenarnya samapah organik dapat dikelola menjadi pupuk, bila sudah menjadi pupuk bisa dijualan dan menjadikan pendapatan tamabahan. Sedangakan sampah anorganik bisanya adda pabrik - pabrik atau orang - orang tertentu yag akan mengelolanya. Misalkan limbah kemasan ada sebagian UKM yang mengolahnya menjadi tas, dompet, dan sebaginya. Untuk sampah plastik lainya bisa dijadikan plastik daur ulang seperti yang sering kita gunakan.

Sampah Organik yang dijadikan pupuk
 (pupuk organik hasil olahan sampah)

Limbah plastik yang dimanfaatan (Sampah Anorganik)
 (hasil daur ulang berupa tas, dompet, dll)

Untuk kenyamanan bersama maka kita budayakan buang sampah pada tempatnya, dan mengurangi sampah dengan cara memaksimalkan pemakaian suatu barang. Jagalah keberrsiahan karna kebersihan sebagian dari Iman.

0 komentar:

Poskan Komentar