Bencana Datang Setelah Bencana


Tidak habis - habisnya warga di sekeliling merapi ditimpa musibah. Setelah mereka terkena abu fulkanik, batuan panas, sekarang mereka masih harus merasakan lahar dingin dari merapi. Sebagian para pengungsi merapi telah kembali kerumah masing -  masing setelah diturunkn setatus awas.

Mereka yang tinggal di daerah pegunungan atau dataran tinggi bisa kembali melakuka aktifitasnya kembali. Mereka kemabali kerumah untuk membersihkan rumah mereka yang kemarin tertutup abu, kembali menggarap sawah serta merawat ternak yang masih hidup.


Tetapi untuk warga yang tinggal di bantaran sungai mereka belum bisa kembli ke rumah, dikarenakan rumah mereka terkena banjir lahar dingin. Hujan yang terjadi akhir - akhir ini membuat aliran lahar dingin merepi semakin besar. Beberapa sungai dan kali di sekitar merapi pun meluap hingga 1meter dan merendam rumah mereka.


Kita hanya sekedar membayangkannya saja sudah merasa miris, bagaimana dengan nasip atau penderitaan yang mereka rasakan. Tetusan dan erupsi merapi telah berhenti dan sekarang lahar dingin pun turut mereka rasakan. Semua aktifitas terhamabat, yang bisa mereka lakukan sekarang hanya bersabar dan berdoa. Mereka membuat buat benteng pematas seadanya hanya dengan tumpukan karung yang beisi pasir, agar lahar dingin tidak semakin meluas.

Keadaan mereka yang masih berada di penggungsian.

0 komentar:

Poskan Komentar